Sebenarnya apa sih manfaat nge-wax, nge-treatment ataupun nge-detailing kendaraan kita selagi masih baru? Perlu ga sih atau itu cuman tipu tipuan dari salon aja?
Kali ini kita seperti biasa akan menjelaskan plus minusnya, kurang lebihnya tanpa menghakimi mana yang benar dan mana yang salah, decision akhir tetaplah di tangan agan agan sekalian.
"Kenapa sih mobil baru udah di wax?, kan masih kinclong" --> salah satu statement yang sering kita dengar. Memang pada dasarnya mobil ketika masih baru kondisinya masih kinclong dan shiny, hal ini disebabkan karena kondisi cat nya yang maish 100%, terutama mobil mobil yang perlu diinden sebelumnya. Akan tetapi kinclongnya itu adalah akibat dari cat yang masih fresh dan bukan akibat dari treatment wax yang membuat suatu lapisan sealant tambahan yang menghasilkan shine level tinggi dan terproteksi. Sekali lagi proteksi.
Ada pula kondisi mobil mobil tertentu yang mungkin sudah beberapa saat berada di dealer tapi belum laku sampai agan membelinya, berarti catnya kan sudah ga fresh from oven lagi.
So sebenarnya yang perlu dicari tau adalah bagaimana kah kondisi cat tersebut walaupun mobilnya masih baru, seberapa shiny kah yang kita inginkan dari mobil kita, dan apakah kita membutuhkan proteksi untuk mobil tersebut? Jika jawabannya mobil tersebut walaupun masih baru tp bukan baru dari pabrik, dan kita ingin shine yang lebih wow dibandingkan sekedar shine cat standar, dan membutuhkan proteksi juga selain dari shine tersebut, maka jawabannya adalah YA, mobil kita perlu di treatment (yang tepat, bukan asal wax) walaupun kondisinya masih baru.
Statement berikutnya, "Masih baru udah dipoles nanti catnya jadi tipis loh"... Statement ini merupakan hal yang paling kita "sebel" jika diutarakan oleh konsumen karena itu artinya si konsumen belum memahami esensi dan konseptual dari detailing itu sendiri dan artinya kita harus menjelaskan dari awal lagi. Memang salah satu kendala yang sering dihadapi di lapangan adalah bahwa ada sebagian orang yang masih belum memiliki pengetahuan yang benar mengenai dunia detailing ini, dan itu adalah sesuatu yang wajar serta sah sah saja.
Seperti yang selalu kita dan salon lain selalu mention bahwa tidak semua wax mengandung abrasive.. hanya tipe tertentu yang mengandung daya cutting/kikis yang mengakibatkan cat menjadi semakin tipis, biasanya bertuliskan compound atau cleaner (beberapa namun tidak semua), remover, etc etc yang perlu diwaspadai. Sedangkan tipe wax murni ataupun sealant tidak memiliki sifat abrasive cutting namun hanya sebagai pelapis dan pelindung, sehingga amanlah untuk cat. Tipe abrasive pun memiliki level level tersendiri. Wax abrasive yang ringan tidak akan mampu mengcutting lapisan vernish sehingga sangat kecil kemungkinan bahwa cat menjadi tipis. Sekali lagi sebaiknya berkonsultasi dengan salon salon yang sesuai dengan anda sebelum memutuskan membeli suatu produk tertentu (jika berniat mengerjakan sendiri di rumah).
Statement lainnya adalah "Kan dari dealer biasanya sudah diwax, bahkan sudah di paint proteksi, ngapain harus di wax lagi". Pernyataan ini setengah benar setengah salah. Apa itu maksudnya?
Let's think logically, seberapa besarkah margin dari suatu mobil yang didapat dealer, jika lebih spesifik seberapa besarkah komisi dari sales yang didapat dari penjualan satu mobil setelah dipotong hadiah kaca film, karpet dasar, spoiler, dll dll dll... kemudian berapakah harga standar rata rata paint protection yang benar dan proper (sorry we must repeat again the right and proper) di salon salon mobil? Apakah mungkin seorang sales mau mengorbankan komisinya untuk memberikan paint protection yang benar dan proper? Mungkin jawabannya "ya" jika mobil yang anda beli harganya hampir mendekati milyaran, namun untuk mobil yang sorry to say standar standar aja, saya rasa tidak.
Jadi apa maksudnya label Paint Protection yang sudah ada di beberapa mobil ketika kita beli mobil, apakah mereka menipu? Oh tidak koq, mereka tidak menipu, namun harus disadari bahwa wax/sealant proteksi itu ada beberapa tipe dan level durabilitynya. So, di level yang manakah yang diberikan oleh dealer atau pabrik. Dan juga harus dipahami secara clear definisi proteksi yang dimaksud, karena wax dan silikon pun sebenarnya juga proteksi, namun proteksi dalam artian melindungi dari paparan UV dan dengan durability yang rendah.
Beberapa hari yang lalu, a friend of us, baru beli mazda CX-5 dan ketika masih baru banget (less than a month) dari dealer, ga tau berapa sebenernya sudah ada berapa lama di dealer tersebut dan asking untuk more paint protection dan glazing. Dalam hal ini untuk bisa menandingi cat yang masih shine dari mobil baru dan request dari ownernya juga sih, maka kita menggunakan Swissvax Crystal Rock State-of-Art yang memang shine and wet-looknya legend banget deh.. proteksinya pun diyakini cukup lama. Pengerjaannya sebenernya cukup simple, checking water spot, recovery sedikit imperfection yang ada akibat pencucian improper yang telah terjadi sebelumnya, Swissvax Cleaner dan kemudian diakhiri dengan Swissvax Crystal Rock untuk bodynya, sementara untuk velg, kaca dan mesinnya, pengerjaannya like usual,.. cleansing and repeller.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar